Sumenep, 27 Januari 2024. Prodi Biologi FMIPA Universitas Annuqayah (UA) melakukan pelatihan Konservasi tanaman melalui pembuatan herbarium kering di SMA terpadu Insan Hanifa Sumber Payung Ganding. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan konservasi alam dengan menjaga kelestarian yang di kemas dalam bentuk herbarium kering.
Kegiatan ini di hadiri langsung oleh dekan Fakultas MIPA bapak Mahrus Aly dan Dosen Biologi bapak Argus dan beberapa mahasiswi lainnya. Siswa-siswi SMA Terpadu Insan Hanifa Sumber Payung Ganding menyambut baik dan sangat antusias dengan adanya kegiatan ini.

Pelatihan Pembuatan Herbarium Oleh Dosen Prodi Biologi


Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat yang di lakukan di SMA Terpadu Insan Hanifa sumber Payung Ganding.
Serupa dengan apa yang disampaikanpak oleh dekan fakultas MIPA “kegiatan sosialisasidan pembuatan herbarium ini sudah masuk kategori pengabdian kepada masyarakat” ujar Mahrus Aly
Pelatihan membuat herbarium kering mengenalkan kepada siswa-siswi agar mereka lebih kreatif dalam menjaga konservasi terhadap tanaman. Selain itu juga mengenalkan taksonomi tumbuhan dari biologi karena di setiap bahan dari herbarium terdapat tanamannya.
“Herbarium ini terdapat banyak tanaman didalamnya, nah setiap tanaman harus diberi nama ilmiah” ujar Argus
“Selain itu, herbarium ini mengandung nilai, nilai keindahan dan nilai ekonomis, siapa tahu dari kalian nanti bisa mengembangkan herbarium ini yang bisa menjadi enterpreneur “imbuh dosen Biologi Taksonomi Universitas Annuqayah.
Harapannya siswa/siswi bisa mengembangkan sendiri setelah pengabdian ini, dan bisa lebih kreatif lagi dalam menyusun herbarium

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *