Guluk-Guluk, IST Anuqayah

Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Matematika Institut Sains dan Teknologi Annuqayah menggelar seminar Nasional pada Rabu (15/3/2023) di Auditorium Assyarqawi Pondok Pesantren Annuqayah.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari matematika nasional. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah dapat menarik minat mahasiswa untuk mengetahui dan mempelajari matematika.

Panitia Pelaksana, Subhan Effendie mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kerja HMP Matematika IST Annuqayah. Kegiatan ini dibuka dengan beberapa rentetan acara dari pembukaan sampai penutupan.

“Dalam Alquran, angka 19 menjadi awal pembuka surah. Kalimat Bismillahirrahmanirrahim yang diletakkan sebagai kata pembuka dari keseluruhan ayat dan surah di dalam Alquran, memiliki susunan angka yang sangat menakjubkan. Kalimat basmalah itu bila dihitung hurufnya mulai dari ba hingga mim, berjumlah 19 huruf,” kata Bapak Fathorrozi Ariyanto mengawali pembukaan seminar.

Sementara itu, Bapak Hendri Yulianto, M.Si, pemateri dalam seminar tersebut mengatakan bahwa ada beberapa trik-trik yang sangat mudah bahkan menyenangkan untuk mengenal lebih dalam ilmu matematika.

Hal ini mendapatkan kesaksian dari salah satu peserta bernama Ulum. Ia mengungkapkan bahwa cara-cara yang disampaikan penyaji sangatlah mudah untuk dipelajari, bahkan dia yang mulanya menganggap matematika itu sulit ternyata dia jadi tertarik mempelajarinya.

“Saya kira balejar matematika hanya fokus pada angka dan rumus yang menyulitkan, ternyata tidak” pungkasnya.

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *